sipil.ft.undip.ac.id – Masjid maupun mushola merupakan salah satu tempat kegiatan masyarakat khususnya untuk umat islam. Berbagai kegiatan keagamaan seperti sholat dan beribadah setiap harinya, tempat anak-anak belajar mengaji maupun kegiatan keagamaan lainnya dilakukan di masjid ataupun mushola. Tempat beribadah yang layak, representative dan memadai sangatlah dibutuhkan. Demikian juga yang terjadi di Mushola Bustanul Qur’an di Desa Turitempel Kecamatan Guntur Demak. Jumlah penduduk khususnya di daerah pemukiman Desa Turitempel yang semakin bertambah menyebabkan daya tampung Mushola Bustanul Qur’an menjadi kurang memadai sehingga perlu dilakukan pengembangan bangunan mushola.

Bangunan existing Mushola Bustanul Qur’an merupakan bangunan satu lantai dengan luasan yang terbatas akan dikembangkan menjadi bangunan dua lantai dengan luasan yang lebih besar. Diharapkan dengan fisik bangunan mushola yang lebih besar akan dapat menampung jamaah yang akan beribadah dan melakukan kegiatan keagamaan di mushola menjadi lebih banyak dan nyaman. Pengurus Mushola Bustanul Qur’an meminta Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Teknik Sipil untuk dapat mendampingi kegiatan pengembangan mushola tersebut.

Pengembangan bangunan Mushola Bustanul Qur’an dilakukan dengan menggunakan konstruksi beton bertulang, mulai dari pondasi, elemen-elemen strukturnya seperti balok, kolom, dan pelat, serta adanya kubah yang akan dipasang pada bagian atap mushola. Bangunan Mushola Bustanul Qur’an juga akan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung seperti tempat wudlu dan ruangan pengurus. Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Teknik Sipil terlibat langsung dengan memberikan arahan teknis kepada Pengurus mushola maupun pelaksana pekerjaan mulai dari pekerjaan pondasi, pekerjaan struktur hingga metode pencampuran beton untuk mendapatkan mutu beton yang baik dan memenuhi standar bangunan.

Pendampingan kegiatan pengembangan Mushola Bustanul Qur’an secara riil di lapangan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat Departemen Teknik Sipil UNDIP dan adanya gotong royong warga secara baik dalam membangun mushola akhirnya dapat selesai dengan baik walaupun di tengah kondisi pandemi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini selain sebagai sarana transfer ilmu kepada masyarakat juga menjadi sinergi yang baik antara Lembaga Pendidikan, dalam hal ini Departemen Tekik Sipil UNDIP dan masyarakat Desa Turitempel, Kecamatan Guntur Demak.

Kondisi existing Mushola Bustanul Qur’an

Kegiatan pelaksanaan struktur bawah pekerjaan renovasi Mushola

Kegiatan pelaksanaan struktur atas pekerjaan renovasi Mushola

Pengabdian ini dibebankan pada alokasi dana selain APBN Fakultas Teknik RKAT Universitas Diponegoro tahun anggaran 2021 dan diketuai oleh Ir. Muhrozi, M.S. dengan anggota antara lain: Prof. Dr. Ir. Sri Prabandiyani Retno Wardani, M.Sc., Dr. Ir. Windu Partono, M.Sc., Dr. Yulita Arni Priastiwi S.T., M.T., Undayani Cita Sari, S.T., M.T. dengan dibantu oleh mahasiswa Rinaldo dan Difa Bagus Sendrika dengan menelan biaya sebesar lima juta rupiah.