sipil.ft.undip.ac.id – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau PIMNAS adalah forum pertemuan dan kompetisi kreativitas mahasiswa secara nasional. Kegiatan ini juga merupakan kompetisi akademik yang bertujuan sebagai unjuk prestasi di kalangan mahasiswa yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Untuk dapat menembus PIMNAS, mahasiswa perlu membuat PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa yang kemudian akan diseleksi untuk nantinya akan dilombakan secara nasional di acara puncak PIMNAS. Terdapat beberapa tipe PKM, di antaranya PKM GFK (PKM Gagasan Futuristik Konstruktif) dan PKM PM (PKM Bidang Pengabdian kepada Masyarakat).

Pada tahun 2021 ini, PIMNAS ke-34 diadakan di Universitas Sumatera Utara (USU). Universitas Diponegoro mengirimkan 37 tim sebagai kontingen PIMNAS 34 tersebut.

Terdapat dua mahasiswa Teknik Sipil yang ikut serta dalam kontingen tersebut, yaitu Muhammad Hanif Adriantama dengan judul PKM GFK Integrated Smart Fishing Port, Konsep Tata Kelola Pelabuhan Perikanan Berbasis Smart Card untuk Sektor Perikanan Tangkap Berkelanjutan dan Aryo Bagus Aji Soma dengan judul PKM PM Ecoprint: Pemanfaatan Bahan Alam Sebagai Inovasi Produk Wirausaha Ikatan Kawula Muda Jurang Blimbing.

Selamat kepada Muhammad Hanif Adriantama dan Aryo Bagus Aji Soma beserta timnya masing-masing.

Semoga mampu memberikan usaha maksimal dan hasil terbaik dalam PIMNAS 34.

Departemen Teknik Sipil bangga kepada kalian!