Capaian Pembelajaran Lulusan

 

Capaian pembelajaran lulusan adalah kemampuan yang harus dicapai oleh lulusan agar dapat menjadi seperti profil lulusan yang ditetapkan.

  1. Mampu memanfaatkan IPTEK dalam perencanaan dan perancangan bangunan Teknik Sipil secara komprehensif.
  2. Mampu memanfaatkan IPTEK dalam pelaksanaan dan pengawasan serta pengendalian pelaksanaan konstruksi.
  3. Mampu memanfaatkan IPTEK dalam pengelolaan dan pemeliharaan bangunan Teknik Sipil.
  4. Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi bidang Teknik Sipil melalui pendekatan monodisiplin.
  5. Mampu memanfaatkan IPTEK dalam bidang keahlian Teknik Sipil dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
  6. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Teknik Sipil secara umum dan konsep teoritis khusus secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  7. Mampu melakukan analisis awal, penelitian sederhana, dan menyelesaikan permasalahan Teknik Sipil dengan mempertimbangkan berbagai alternatif dari aspek teknik, sosial, ekonomi, dan lingkungan.
  8. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.
  9. Mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan jujur dan bertanggung jawab dengan mengedepankan etika profesi.
  10. Mampu bekerja sama dalam tim, menerapkan dasar-dasar sosio-engineering dan menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan IPTEK bidang Teknik Sipil.
  11. Mampu bertanggung jawab atas pekerjaan yang dikerjakan sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan dan atas hasil pekerjaan kelompok yang ada dalam pengawasannya serta mampu menyusun laporan kegiatan.
  12. Mampu menerapkan IPTEK bidang Teknik Sipil dalam mendukung dan mewujudkan Pengembangan Wilayah Pantai.

Capaian pembelajaran lulusan didistribusikan pada mata kuliah yang tersusun dalam struktur kurikulum, sehingga kelulusan setiap mata kuliah akan mendekatkan mahasiswa mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan dan Profil Lulusan yang ditetapkan.